Tuesday, October 4, 2016

5 Bahaya Penggunaan Smartphone Yang Jarang Diketahui

smartphone, future phone, best phone

Di zaman modern seperti sekarang, smartphone menjadi salah satu kebutuhan yang dimiliki oleh setiap orang. Disamping segala keuntungan penggunaannya, menggunakan smartphone terlalu sering dapat mengakibatkan berbagai gangguan pada tubuh dan mental seseorang. 

Berikut Buka Senang telah merangkumnya dalam 5 Bahaya Penggunaan Smartphone Yang Jarang Diketahui, yakni:

1. Gangguan Pada Matasakit mata bengkak merah

Sebagian besar manusia menghabiskan 400 menit sehari melihat beberapa kombinasi layar dari komputer, smartphone, laptop, dan tablet. 

Semua yang waktu layar menempatkan Anda pada risiko untuk "ketegangan mata digital" atau digital eye strain (DES). Ini merupakan sekelompok masalah yang meliputi mata lelah dan penglihatan kabur.

Gangguan ini umumnya membuat orang jarang berkedip yang dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi. Studi menunjukkan bahwa tingkat berkedip berkurang hampir 70 persen ketika menggunakan perangkat digital.

Jadi daripada terlalu sering menatap smartphone, lebih baik anda melihat pemandangan yang ada di sekitar anda.

2. Masalah Pada Punggung

sakit punggung, masalah punggung

Ketika menggunakan smartphone, kita pasti melihat ke arah smartphone dengan cara membungkuk, bukan? Terlalu sering membungkuk akibat menatap smartphone dapat memberikan tekanan berlebih kepada punggung dan leher. 

Untuk mencegah hal ini sebaiknya letakkanlah smartphone sejajar dengan mata anda dan kurangi penggunaanya.


3. Nomophobia

kangen hp, smartphone, nomophoia

Nomophobia merupakan gangguan mental, yaitu kecemasan berlebih ketika jauh dari smartphone. Gejalanya seperti selalu membawa ponsel kemana-mana, tidak bisa hidup tanpa ponsel, dan takut tidak up-to-date dengan yang terjadi di media sosial. 
Baca Juga: Cara Baru Mengusir Kecoak Hanya Dengan Smartphonemu
Jika anda sudah mengalami gejala ini sebaiknya anda mulai berusaha untuk menjauhkan diri dari ponsel anda, dan melakukan aktivitas lain yang dapat membantu menjauhkan diri anda dari ponsel.


4. Merusak Otak

sakit otak

Radiasi yang berasal dari ponsel anda dapat menibulkan benyak masalah pada organ tubuh anda, khususnya otak. Beberapa penelitian menunjukkan radiasi ponsel dapat memicu tumor otak dan gangguan lainnya.

Untuk mengatasinya jauhkan lah ponsel anda ketika sedang menelfon seseorang, seperti menggunakan headset atau speaker. Lalu, kurangilah penggunaan ponsel ketika sinyal di tempat anda sedikit, karena ponsel akan bekerja lebih keras untuk mencari sinyal dan mengakibatkan radiasinya lebih besar. yang terakhir jangan gunakan ponsel ketika baterai ponsel anda sedang "sekarat", karena pada saat itu ponsel anda menghasilkan radiasi yang berkali-kali lipat besarnya.

5. Kurang Peduli Terhadap Lingkungan Sekitar

fokus

Seringkali ketika kita menggunakan smartphone, hampir seluruh perhatian kita tertuju pada smartphone. Parahnya lagi, masih banyak orang yang menggunakan ponsel ketika berkendara, menyembrang jalan, menggunakan eskalator yang dapat membahayakan si pengguna smartphone dan orang sekitarnya.

Smartphone memang membawa banyak dampak positif terhadap kehidupan manusia. Tetapi, jika manusia menggunakannya dengan porsi yang berlebihan, maka smartphone dapat mengakibatkan dampak buruk kedapa penggunanya. Oleh karena itu, gunakanlah smartphone anda dengan bijak dan dengan porsi yang sesuai, karena masih banyak hal yang bermanfaat yang dapat anda lakukan selain hanya menggunakan smartphone.