Monday, September 26, 2016

Ini Dia 5 Ilmuan Jenius Kelas Dunia Asli Orang Indonesia. Kamu Mau Tahu Siapa Saja Mereka


Indonesia, negara kebanggan kita ini menjadi salah satu negara yang melahirkan sejumlah ilmuwan jenius terbaik di dunia.  Ada banyak ilmuwan jenius kelas dunia dari Indonesia, yang telah dikenal di Indonesia dan seluruh dunia, karena keahlian mereka.

Inilah beberapa dari meraka, mari disimak:

1. Yogi Ahmad Erlangga

ilmuan jenius indonesia Yogi Ahmad Erlangga

Yogi Ahmad Erlangga adalah ahli matematika yang memecahkan rumus matematika bernama Persamaan Hemlholtz. Bukan hal mudah begi Yogi untuk melakukan hal terebut. Yogi butuh waktu sekitar 4 tahun untuk memecahkan salah satu persamaan tersulit di dunia itu. Dirinya pun mendapatkan pujian dari universitas-universitas di Eropa, Amerika, dan seluruh dunia.

Pria lulusan S3 Belanda ini mengatakan bahwa dengan rumus tersebut, sumber minyak dapat ditemukan 100 kali lebih cepat. Walau keberhasilannya ini sangat penting bagi masyarakat dunia, beliau ternyata amat rendah hati. Keren ya Guyss!!


2. Prof. Dr. Khoirul Anwar

ilmuan jenius indonesia prof.Dr. Khoilul Anwar

Kalian pasti tau 4G kan?

Teknologi internet ini diciptakan oleh orang Indonesia lho, Prof.Dr.Khoirul Anwar namanya. Sistem telekomunikasi 4G berbasis OFDM yang ia temukan kini digunakan oleh sebuah perusahaan elektronik besar asal Jepang. Bahkan teknologi ini juga tengah dijajaki oleh raksasa telekomunikasi China, Huawei Technology.
Baca Juga: Inilah Keadaan Apple Setelah Ditinggal Steve Jobs
Berkat temuannya ini, pria lulusan Institut Tekologi Bandung ini mendapat salah satu penghargaan prestisius di dunia yaitu, IEEE Best Student Paper award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) 2006, California, USA.


3. Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc

ilmuan jenius indonesia Ir, Adi Rahman Adiwoso M.Sc

Selanjutnya ada pak Ir. Adi Rahman Adiwoso M.Sc. Pak Adi merupakan ilmuwan yang berkecimpung di bidang Aeronautika.

Pria lulusan Institut Teknologi California ini sempat bekerja di bagian perakitan satelit Hughes Aircraft. Namun , setelah 8 tahun berkerja Adi pulang ke tanah kelahirannya, Yogyakarta. Berbekal keahliannya dia berhasil menciptakan teknologi baru yang belum ada di pasaran dunia.

Temuannya ini memungkinkan komunikasi handphone mampu dilakukan di mana saja. Meski jaringan kabel belum menjangkau dan telepon seluler kehilangan sinyal.


4. Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini

Ilmuan jenius indonesia Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini

Beliau adalah Fisikawan ahli teknologi tenaga nuklir, dan salah satu yang terbaik di dunia. Doktor rer. Nat. (rerum Naturalium) Evvy Kartini dikenal sebagai ilmuwan penemu penghantar listrik berbahan gelas dengan teknik hamburan netron yang berdaya hantar sepuluh ribu kali lipat dari bahan sebelumnya..

Temuannya itu menghantarkan namanya menjadi penerima penghargaan Riset Unggulan Terpadu (RUT) VI dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi atas penelitiannya berjudul “Sintesa dan Karakterisasi Bahan-bahan Gelas Superionik (AgI)x(AgPO3)1-x” .Evvy juga tercatat dalam jurnal internasional, Canadian Journal of Physics (1995), Physical Review B (1995), dan Physica B (1997.


5. BJ Habibie

Ilmuan jenius indonesia BJ Habibie

Siapa yang tidak kenal dengan ilmuwan yang satu ini. Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie adalah penemu Teori, Faktor dan Metode Habibie (Teknologi Pesawat Terbang) dan berbagai penemuan hebat lainnya.

BJ Habibie pun dinobatkan sebagai salah satu pemegang hak paten dari beberapa teknologi penerbangan. Salah satu teori yang beliau temukan di dunia penerbangan adalah tentang teori keretakan pesawat.

Dengan teori ini, Habibie berhasil menghitung keretakan dengan rinci sampai pada hitungan atomnya. Dengan Teori ini, risiko pesawat jatuh akan sangat jauh berkurang. Selain itu juga membuat pemeliharannya lebih mudah dan murah.

Nah, itulah dia kelima ilmuwan jenius kelas dunia asli Indonesia. Gimana guys bangga kan jadi anak Indonesia?