Tuesday, September 27, 2016

Baru Rilis, Kekurangan Kamera iPhone 7 Plus Terkuak

kekurangan kamera iPhone 7 plus

Belakangan ini Netizen dunia sedang ramai membicarakan smartphone anyar besutan Apple yakni iphone 7 plus. Mengapa? Karena banyak sekali keunggulan yang dimiliki oleh flagship terbaru Apple ini. Salah satu keunggulan iPhone 7 Plus dibandingkan dengan ponsel lain yang ada di pasar saat ini adalah kemampuan kameranya yang diklaim dapat menghasilkan efek bokeh seperti kamera profesional.

Efek tersebut dapat dihadirkan berkat penggunaan dua jenis kamera pada iPhone 7 Plus. Namun, tidak semuanya dihadirkan berkat penggunaan dua kamera tersebut saja.

Menurut situs fotografi DigitalRev, penggunaan dua kamera pada iPhone 7 Plus hanya untuk mengukur jarak objek foto dengan latar belakangnya. Setelah itu, iPhone 7 akan membuat bagian yang dianggap latar belakangnya terlihat seperti penuh dengan efek bokeh menggunakan algoritma khusus. Ya, efek bokeh di iPhone 7 Plus bisa dikatakan sebagai bokeh palsu yang dihadirkan dari algoritma komputer.
hasil foto iPhone 7 plus, hasil foto sony a6300
Perbandingan kamera iPhone 7 Plus dengan Sony A6300

Yang menariknya, Apple berhasil menghadirkan efek tersebut bahkan secara real- time sebelum foto diambil sehingga membuatnya seperti efek bokeh yang natural. Meski demikian, ada satu kelemahan dari algoritma bokeh yang digunakan di iPhone 7, yaitu munculnya halo effect di sekitar objek foto. Yang menjadi fokus.Halo effect merupakan efek seperti pancaran cahaya (glow) pada batas-batas antara objek fokus foto dengan latar belakang. Efek tersebut biasanya muncul ketika mengambil gambar dengan latar belakang cahaya yang kuat.
Baca Juga : Tak Mau Kalah Dengan Galaxy Note 7, iPhone 7 Ikutan Meledak
Pada kasus iPhone 7 Plus kali ini, halo effect justru muncul dikarenakan tepian objek foto dianggap sebagai bagian latar belakang sehingga dikonfersi menjadi efek bokeh oleh algoritma komputer di iPhone 7 Plus. Hasilnya, beberapa objek foto akan terlihat memiliki halo effect.

Apple bisa saja merilis update untuk memperbaiki algoritmanya, namun diperkirakan tidak akan bisa dilakukan dalam waktu dekat.